VIDEO TERBARU

Kamis, 17 Maret 2022

PENERAPAN METODE NHT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN CITEUREUP 3

  

 PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP PECAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN CITEUREUP 3

 

Oleh : Ade Subarjah, S.S.,S.Pd.
Pengajar di SDN Citeureup 3 
Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang 
 
 

ABSTRAK

ADE SUBARJAH, NIM : 822473017,  PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP PECAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN CITEUREUP 3 (Studi Di SDN Citeureup 3 Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang).

 Peranan guru dalam memotivasi belajar siswa dan cara mengajar sangat  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan guru mengajar adalah agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik.

Dalam paradigma pendidikan di jelaskan bahwa guru diharapkan mampu mengambil keputusan baik ketika merumuskan/merencanakan maupun ketika melaksanakan pembelajaran, termasuk memecahkan masalah-masalah yang ditemukan dalam pembelajaran di sekolah. Agar mampu melaksanakan tugas tersebut, guru harus menguasai kompetensi keguruan yang mencakup penguasaan bidang ilmu pemahaman tentang peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan pengembangan kepribadian dan keprofesionalan.

Dari latarbelakang diatas, maka dapat rumuskan, bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang pecahan pada mata pelajaran MATEMATIKA di Kelas V SDN Citeureup 3 melalui metode Numbred Head Together?

Penelitian ini bertujuan untuk, pertama: memperbaiki cara dan hasil belajar siswa, kedua: memperbaiki Proses Belajar Mengajar (PBM) terutama bagi penulis sendiri, mungkin juga bisa dimanfaatkan bagi yang lain, ketiga: memperbaiki kinerja agar lebih baik lagi dari sebelumnya, keempat: untuk memenuhi tugas akhir dari mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP), kelima: dapat dijadikan bahan perbandingan bagi yang lain.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif melalui model tindakan kelas (classroom action research). model pengumpulan data melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang diawali dengan prasiklus yang dilanjutkan Siklus I dan Siklus II. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Analisis data menggunakan deskripsi data hasil  observasi dan hasil belajar siswa Kelas V SDN Citeureup 3.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dari tindakan kelas setiap siklus, baik dari hasil observasi maupun nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran MATEMATIKA tentang pecahan dengan menggunakan metode Numbred Head Together, mulai dari Siklus I sampai Siklus II. Rata-rata nilai observasi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran pada Siklus I yaitu 2,7 (66,7%), dan Siklus II yaitu 3,5 (88,06%), dan rata-rata nilai observasi pemahaman siswa pada Siklus I yaitu 2,8 (69,17%) dan Siklus II yaitu 3,6 (90,4%). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I yaitu 72,67 dan Siklus II 82,0.

Berdasarkan penjabaran hasil penelitian Siklus I sampai Siklus II menunjukan peningkatan pada setiap siklusnya dan memenuhi target nilai yang telah ditentukan peneliti sebelumnya. 

 

0 komentar:

Posting Komentar